Jurnal Basicedu
Vol 5, No 5 (2021): : October Pages 3001-5000

Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas I dengan Metode Silaba di Sekolah Dasar

Zianatul Lailah (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)
Siti Maghfirotun Amin (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)
Nafiah Nafiah (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)
Sri Hartatik (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa, ini terbukti dari jumlah keseluruhan siswa dengan presentase 71% kemampuan membaca siswa kelas I masih tergolong rendah, dan guru di lembaga masih menerapkan metode ceramah sehingga siswa cenderung hanya mendengarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I UPT SD Negeri 266 Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Alat pengumpulan data dengan teknik tes lisan dan observasi. Subjek penelitian ini yakni seluruh siswa kelas I UPT SD Negeri 266 Gresik yang berjumlah 14 siswa yang terdiri dari 9 siswa perempuan dan 5 siswa laki-laki. Hasil analisis data observasi yang dilaksanakan pada saat pembelajaran dengan menerapkan metode silaba terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa pada siswa kelas I UPT SD Negeri 266 Gresik Presentase kemampuan membaca setiap siklus semakin naik dengan presentase tuntas 43% pada siklus I dan 78,57% pada siklus II. Penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode silaba terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...