Jurnal Basicedu
Vol 5, No 5 (2021): : October Pages 3001-5000

Analisis Model Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar

Isna Ruhamaul Badriyah (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)
Akhwani Akhwani (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)
Nafiah Nafiah (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)
Muhammad Sukron Djazilan (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2021

Abstract

Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan lebih efektif dibandingkan memilih model pembelajaran yang terbaik, karena pada dasarnya tidak ada model pembelajaran yang paling baik dan paling unggul. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis model pembelajaran daring dan luring yang diterapkan SD Negeri Tambak Rejo selama masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif. Penelitian dilakukan dengan menganalisis model pembelajaran daring dan luring berdasarkan unsur-unsur model pembelajaran, yang terdiri dari sintakmatik, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dan dampak instruksional serta pendukung. Penerapan model pembelajaran daring di SD Negeri Tambak Rejo dilakukan dengan bantuan aplikasi whatsapp, sedangkan model pembelajaran luring di SD Negeri Tambak Rejo menggunakan metode pengumpulan tugas ke sekolah. Hasil analisis dalam penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan para guru untuk menerapkan model pembelajaran daring dan luring selama masa pandemi covid-19

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...