Jurnal Basicedu
Vol 5, No 4 (2021): August Pages 1683- 3000

Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa

Theresia Monika Siahaan (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)
Herna Febrianty Sianipar (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)
Rianita Simamora (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)
Apriani Sijabat (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)
Christa Voni Roulina Sinaga (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2021

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui tahapan pengembangan buku ajar teori bilangan berbasis kooperatif jigsaw dan respon mahasiswa terhadap buku ajar . Metode penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap: Preliminary research,prototyping or development, dan assessment. Populasi penelitian mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar dengan jumlah 35 Orang. Data penelitian berupa kuesioner, angket validasi, kepraktisan, dan efektivitas. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Validasi buku ajar dilakukan oleh tiga validator dengan nilai 96,67%dikategorikan sangat baik.Respon mahasiswa sangat membantu dengan adanya buku ajar nilai 87,4% dan praktis digunakan dalam pembelajaran

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...