Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 6, No 2 (2021): Peran Teknologi Pendidikan pada era pandemi

Pengembangan Modul IPA Terapan Berbasis Problem Based Learning untuk Mendukung Pembelajaran Mandiri di SMK

Yayuk Sri Wahyu Endah Arini (SMK Negeri 2 Ponorogo Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Wawan Gunawan (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Marianus Subandowo (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2021

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan sekolah menengah yang memberikan pendidikan untuk mempersiapkan siswa agar siap bekerja dengan bidang keahlian tertentu. Lulusan SMK diwajibkan memiliki ketrampilan praktek yang baik sehingga memerlukan pengalaman belajar yang nyata. Untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang nyata, siswa dilibatkan dalam pembelajaran berbasis permasalahan (PBL). Adanya pandemi memaksa diberlakukannya pembelajaran jarak jauh melalui jaringan (Daring) pada pembelajaran IPA di SMK. Pelaksanaan pembelajaran daring memiliki kendala-kendala seperti sulitnya memahami materi, tidak jelasnya instruksi pembelajaran, dan minimnya bimbingan dari guru dan orang tua. Solusi yang dapat dilakukan adalah pengembangan modul IPA untuk SMK. Model pengembangan yang dipilih adalah model Dick and Carey karena memiliki pendekatan sistem-prosedural yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran IPA Terapan yang berjenjang dan berurutan dan relevan dengan standar isi kurikulum 2013. Modul yang dikembangkan melalui uji coba ahli isi, ahli desain pembelajaran, uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan. Seiring dengan proses uji coba dilakukan revisi terhadap modul. Hasil uji coba lapangan menunjukkan 85%( dari guru dan siswa) sehingga buku ajar berada dalam kualifikasi baik. Menurut ahli isi modul sangat baik dengan persentase kelayakan sebesar 89,7%. Berdasarkan penilaian ahli desain pembelajaran modul sangat baik dengan tingkat kelayakan sebesar 85,46%. Dari uji coba perorangan modul dinilai sangat baik dengan tingkat kelayakan 82,85%. Dari data uji coba kelompok kecil modul dinilai sangat baik dengan 81,11%. Berdasarkan uji coba lapangan yang melibatkan siswa dan guru IPA Terapan, modul dinilai sangat baik dengan persentase 85%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

EDUCATE

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, ISSN: 2527-7677, EISSN: 2614-8331 merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun, berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang pendidikan. Jurnal ini terbit pertama kali pada bulan Juli tahun 2016 yang ...