JAGROS : Jurnal Agroteknologi dan Sains (Journal of Agrotechnology Science)
Vol 5, No 2 (2021): JAGROS : Jurnal Agroteknologi dan Sains (Journal of Agrotechnology Science)

Pengaruh Konsentrasi Giberelin (Ga3) Dan Lama Perendaman Dalam Meningatkan Perkecambahan Benih Padi (Oryza sativa L.) Varietas Ciherang (Kadaluarsa)

Azhar Mubarok (Fakultas Pertanian Universitas Garut)
Jenal Mutakin (Fakultas Pertanian Universitas Garut)
Resti Fajarfika (Fakultas Pertanian Universitas Garut)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh kombinasi konsentrasiGA3danlamanyaperendamandalammeningkatkanperkecambahanbenihpadi(OryzaSativaL.)varietasCiherangkadaluarsadenganmetodepengujianviabilitasdanvigor.Percobaan dilaksanakan pada bulan Agustus sampai September 2019 di Laboratoriumterpadu Fakultas Pertanian Universitas Garut Kecamatan Tarogong Kabupaten Garut,Metode yang digunakan adalah eksperimental dengan menggunakan Rancangan AcakLengkap(RAL)polafaktorial5x3dengan3ulangan.Faktorpertamaadalahkonsentrasi  GA3 (G),  terdiri  dari  kontrol positif (g0), kontrol negatif (g1), konsentrasiGA3 8 ppm (g2), konsentrasi GA3 16 ppm (g3), konsentrasi GA3 24 ppm (g4). Faktorkeduaadalahlamanyaperendaman(P),12jam(p1),24jam(p2),36jam(p3).Parameteryang  diamati  adalah  kadar  air,  kecepatan  tumbuh, indeks vigor, daya berkecambah,potensi tumbuh maksimum, panjang kecambah dan berat kering kecambah  normal.HasilpenelitianmenunjukaninteraksiantarakonsentrasiGA3danlamanyaperendaman  terhadap  kecepatan  tumbuh  pada  uji  viabilitas  dan  tidak  terjadi interaksiterhadapkecepatantumbuhujivigor,indeksvigor,dayaberkecambah,potensitumbuhmaksimum, panjang kecambah dan berat kering kecambah normal pada uji viabilitasdanvigor.Katakunci: Ciherang,Giberelin,Perendaman,Viabilitas,Vigor.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Immunology & microbiology

Description

JAGROS - Jurnal Agroteknologi dan Sains . Diterbitkan oleh Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Garut. Terbit dua kali dalam setahun (Juni dan Desember). Terbit perdana pada Desember 2016. Jurnal Agroteknologi dan Sains merupakan jurnal ilmiah yang dapat memuat tulisan ilmiah ...