MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2 (2021): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel

Adinda Mulya Rizkiana (Unknown)
Attin Warmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2021

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Berpikir kritis sangat diperlukan dalam matematika, terutama dalam mengerjakan soal-soal matematika. Seperti halnya pada materi persamaan linear satu variabel. Persamaan linear satu variabel adalah materi yang memerlukan penyelesaian cukup tinggi karena terdapat beberapa cara dalam proses penyelesaian soal-soal terutama guna menentukan dan menemukan nilai variabel yang dicari. Sehingga pada setiap materi tersebut siswa diharapkan benar-benar menguasai konsep yang diberikan. Konsep yang telah dipelajari akan berguna untuk mempelajari materi selanjutnya. Maka dari itu, peneliti dapat mengetahui sampai dimana tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal dengan cara yang sudah diajarkan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari siswa kelas VII-F di SMPN 1 Rawamerta. Rata – rata nilai total yang diperoleh dari siswa dikelas yang berkemampuan rendah 20 siswa, berkemampuan sedang 6 siswa kemampuan tinggi 5 siswa, dan kemampuan sangat tinggi 5 siswa. Kata-kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Persamaan Linear Satu Variabel 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...