ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Berpikir kritis sangat diperlukan dalam matematika, terutama dalam mengerjakan soal-soal matematika. Seperti halnya pada materi persamaan linear satu variabel. Persamaan linear satu variabel adalah materi yang memerlukan penyelesaian cukup tinggi karena terdapat beberapa cara dalam proses penyelesaian soal-soal terutama guna menentukan dan menemukan nilai variabel yang dicari. Sehingga pada setiap materi tersebut siswa diharapkan benar-benar menguasai konsep yang diberikan. Konsep yang telah dipelajari akan berguna untuk mempelajari materi selanjutnya. Maka dari itu, peneliti dapat mengetahui sampai dimana tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal dengan cara yang sudah diajarkan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari siswa kelas VII-F di SMPN 1 Rawamerta. Rata – rata nilai total yang diperoleh dari siswa dikelas yang berkemampuan rendah 20 siswa, berkemampuan sedang 6 siswa kemampuan tinggi 5 siswa, dan kemampuan sangat tinggi 5 siswa. Kata-kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Persamaan Linear Satu Variabel
Copyrights © 2021