MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2 (2021): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA BENTUK KUE TRADISIONAL KHAS SUMATERA UTARA

Marta Rohana Tampubolon (Unknown)
Nurdalilah Nurdalilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep geometri siswa dengan menggunakan model project based learning berbasis etnomatematika pada bentuk kue tradisional khas Sumatera Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan subjek sebanyak 25 siswa dari kelas VIII C MTs Al-Washliyah Gedung Johor Medan tahun ajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi yang dilakukan pada siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat 88% dari 25 siswa yang mendapatkan nilai pemahaman konsep sudah tergolong sangat baik dan dapat dikatakan bahwa dalam proses pembelajaran pada materi geometri sudah tergolong memahami dengan jelas dan efektif, serta memenuhi semua indikator pemahaman konsep pada tahap proses dan objek; (2) Siswa yang memiliki kemampuan baik sebanyak 12% sudah memenuhi indikator pemahaman konsep pada tahap proses. Namun, siswa tidak memenuhi indikator pemahaman konsep pada tahap objek.Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Geometri, Etnomatematika, Project Based Learning

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...