MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2 (2021): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERORIENTASI HOTS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Fani Mardiani (Unknown)
Indhira Asih Vivi. Y (Unknown)
Aan Subhan Pamungkas (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2021

Abstract

 ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik berorientasi Higher Order Thinking Skills di kelas IV sekolah dasar. (2) respon guru terhadap Lembar Kerja Peserta Didik berorientasi Higher Order Thinking Skills di kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4-D (define, design,. develop, and disseminate). Penelitian dilaksanakan di SD Khusus Insan Harapan Jakarta Barat. Instrument yang digunakan berupa angket yaitu skala penilaian untuk mengetahui kelayakan LKPD dengan menggunakan skala likert yang disusun dalam bentuk checklist dari nilai terbesar 4 hingga nilai terkecil. Berdasarkan  hasil validasi yang dilakukan, hasil validasi ahli materi didapatkan rata-rata presentase sebesar 87% dengan kategori sangat layak, validasi ahli media sebesar 89% dengan kategori sangat layak dan rata-rata respon guru di SD Khusus Insan Harapan Jakarta Barat sebesar 99% sehingga LKPD berorientasi Higher Order Thinking Skill tersebut memiliki kriteria interpretasi sangat praktis. Kata Kunci: LKPD, Higher Order Thinking Skill.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...