MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2 (2021): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

EVALUASI PROSES DAN HASIL LMS UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA AL-WASHLIYAH STUDI KASUS PRODI MATEMATIKA T.A 2020/2021

Nadya Yulli Pratika (Unknown)
Hidayat Hidayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2021

Abstract

AbstrakTujuan ipenelitian iadalah imengevaluasi iimplementasi ipembelajaran imenggunakan iLearning iManagement iSystem i(LMS) iberbasis ipada imata ikuliah ipedidikan imatematika iyang imeliputi Apakah Learning iManagement iSystem i(LMS) Universitas Muslim Nusantara Al-Wahsliyah Dapat Memfasilitasi Pelaksanaan Evaluasi Proses Dan Hasil pada iperkuliahan ipendidikan iMatematika. Bentuk ipenelitian iyang idigunakan idalam ipenelitian iini iadalah ikualitatif idengan imetode ideskriptif ikualitatif i. iTeknik ipengumpulan idata iyang idigunakan iadalah: i1) iMetode iangket, iyaitu isejumlah ipertanyaan itertulis i iyang i idigunakan i iuntuk imemperoleh iinformasi idari iresponden, i2) iWawancara i(interview), imetode iwawancara iini idilakukan iuntuk imemperoleh idata idari idosen iPengampu iterkait idengan ikemampuan idan iaktifitas.Data iyang idikumpulkan idalam ipenelitian iini imeliputi idata iinformasi itentang ikeadaan imahasiswa idilihat idari iaspek ikualitatif i. i iDalam i ipenelitian ikualitatif idata-data idisajikan idalam ibentuk ikata i-kata iverbal, ibukan idalam ibentuk iangka. iData iyang iberupa ikata-kata itersebut imasih isangat iberagam, isehingga iharus idiolah iagar imenjadi isistematis, iringkas, idan ilogis i. Dari ipenelitian iyang itelah idilakukan idiperoleh ihasil ibahwa i1) iKemampuan imahasiswa iyang imengikuti iproses ipembelajaran imenggunakan iLearning iManagement iSystem i(LMS) itermasuk ikategori ibaik idengan irata-rata i86%. iHal iini iditunjukkan idengan ihasil ipersentase irata-rata ipenilaian iangket. i2) iDosen ipengampu isudah imampu imemanfaatkan ipembelajaran imenggunakan iLearning iManagement iSystem i(LMS), ihal iini iditunjukan ipada ihasil iwawancara. i3) iPemanfaatan iLearning iManagement iSystem i(LMS) ipada iMata iKuliah ipendidikan imatematika ibelum ioptimal, ikarena irendahnya irata-rata ipersentase iaktifitas ikomunikasi idosen idan imahasiswa iyang idilihat idari ihasil iangket, iwawancara iyang imasih irendah idengan itotal irata-rata i64%Kata ikunci: iE-Learning, iLearning iManagement iSystem, iEvaluasi iPembelajaran

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...