Abstrak: Penelitian ini diharapkan dapat menunjukkan sejauh mana hubungan (korelasi) antara kemandirian belajar dengan hasil belajar Matematika siswa SMP Negeri 2 Satu Atap STM Hilir selama masa pandemi virus corona. Penelitian ini adalah menggunakan semacam eksplorasi kuantitatif dengan strategi survei dan metodologi korelasional. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan terhadap populasi 48 siswa. Informasi dikumpulkan dengan instrumen penelitian sebagai kuesioner untuk variabel informasi X (kemandirian belajar) dan tes dengan soal uraian matematika pada variabel informasi Y (hasil belajar). Hasil uji reliabilitas alat penelitian untuk variabel bebas adalah 0,938 sedangkan variabel terikat adalah 0,718. Berdasarkan uji pra syarat menunjukkan bahwa data variabel X dan variabel Y berdistribusi normal dan linier. Berdasarkan perhitungan koefisien hubungan sederhana menghasilkan nilai koefisien rxy = 0,626. Hasil analisis koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t menggambarkan bahwa hubungan antara ke dua variabel adalah signifikan. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan sebesar 39,1% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh kemandirian belajar. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara kemandirian belajar (variabel X) dengan hasil belajar Matematika (variabel Y). Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kemandirian belajar maka semakin tinggi pula hasil belajar Matematika siswa.Kata kunci : Kemandirian Belajar, Hasil Belajar, Pandemi, Covid-19
Copyrights © 2021