MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2 (2021): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

HUBUNGANiiANTARAiiKEMANDIRIAN iBELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR iMATEMATIKA PADA MASA iPANDEMI COVID-i19 DI SMP NEGERI 2 SATU ATAP STM HILIR T.P. 2020/2021

Ana Mardiana (Unknown)
Irham Habibi Harahap (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2021

Abstract

Abstrak: Penelitian ini diharapkan dapat menunjukkan sejauh mana hubungan (korelasi)  antara kemandirian belajar dengan hasil belajar Matematika siswa SMP Negeri 2 Satu Atap STM Hilir selama masa pandemi virus corona. Penelitian ini adalah menggunakan semacam eksplorasi kuantitatif dengan strategi survei dan metodologi korelasional. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan terhadap populasi 48 siswa. Informasi dikumpulkan dengan instrumen penelitian sebagai  kuesioner untuk variabel informasi X (kemandirian belajar)  dan tes dengan soal uraian matematika pada variabel informasi Y (hasil belajar). Hasil uji reliabilitas alat penelitian  untuk variabel  bebas adalah 0,938 sedangkan variabel  terikat adalah 0,718. Berdasarkan uji pra syarat  menunjukkan bahwa data variabel  X dan variabel  Y berdistribusi normal dan linier. Berdasarkan  perhitungan koefisien hubungan sederhana menghasilkan nilai koefisien rxy = 0,626. Hasil analisis koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t menggambarkan  bahwa hubungan antara ke dua variabel adalah  signifikan. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan  sebesar 39,1% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh kemandirian belajar. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara kemandirian belajar (variabel X) dengan hasil belajar Matematika  (variabel Y). Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kemandirian belajar maka semakin tinggi pula hasil belajar Matematika siswa.Kata kunci : Kemandirian Belajar, Hasil Belajar, Pandemi, Covid-19

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...