Penjualan makanan ringan merupakan sebuah kegiatan dalam memasarkan produk yang mana banyak dikosumsi oleh masyarakat. Dalam prosesnya, produsen menjual produknya ke masyarakat sesuai dengan permintaan dari konsumen dan menetapkan harga dari setiap harga produk tersebut. Terkadang produsen mengalamai kesulitan untuk mengetahui jenis permintaan konsumen sehingga produsen harus mencari solusi agar permintaan konsumen tersebut dapat terpenuhi dengan stok produk yang dimiliki oleh produsen. Untuk itu produsen harus memiliki stok yang cukup agar pelanggan ataupun konsumen tidak beralih ke produsen lain. Penelitian ini bertujuan untuk mencari pola dimana produsen dapat memenuhi permintaan pelanggan tanpa harus kekurangan stok produk. Dari banyak literatur yang direferensikan oleh peneliti terdapat teknik untuk menentukan pola unutk menentukan stok agar penjualan bisa lebih efektif dan efesien. Dengan demikian peneliti mengangkat judul “Analisa Pola Sistem Penjualan Makanan Ringan dengan Menggunakan Algoritma Apriori”. Data Mining dengan Algoritma Apriori mendukung produsen untuk menentukan pola penjualan yang berbasis Information Technology sehingga mempermudah dalam proses pemasarannya.
Copyrights © 2021