Jurnal USAHA
Vol 1, No 2 (2020): DESEMBER

Percaya Diri Dan Berpikir Strategis Untuk Menghadapi Ketatnya Persaingan Bisnis

Masayu Endang Apriyanti (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pentingnya kepercayaan diri dan kemampuan berpikir strategis dalam menghadapi ketatnya persaingan bisnis, karena umumnya sampai sekarang masih banyak wirausaha yang kurang percaya diri dan kurang mampu berfikir strategis untuk mempertahankan eksistensi usahanya. Padahal dengan percaya diri yang tinggi dan kemampuan berpikir strategis yang tepat membuat langkahnya tidak goyah dalam berusaha, tidak pesimis dan akan terus gigih berjuang serta berhati-hati demi memenangkan persaingan, sehingga ia akan terhindar dari kebangkrutan usaha. Apalagi, saat ini masih ada kejadian pandemic covid 19, yang berdampak pada banyak hal, salah satunya terhadap sektor ekonomi, yang mempengaruhi permintaan dari konsumen dan lesunya aktivitas perekonomian. Seharusnya, pengusaha lebih percaya diri dan berpikir strategis secara maksimal, misalnya melakukan hal-hal baru, seperti cara promosi yang berbeda atau pelayanan untuk pelanggan yang lebih baik lagi demi mempertahankan kelangsungan usahanya agar tetap produktif meskipun dimasa sulit. Jadi, sepatutnya dua hal penting ini harus dimiliki oleh setiap pengusaha agar dapatĀ  memenangkan persaingan dalam kondisi apapun, mampu mempertahankan bahkan membuat usahanya lebih maju lagi. Metode penelitian dilakukan secara studi perpustakaan dan literatur. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan Percaya diri dan berpikir strategis, para pengusaha mampu memenangkan persaingan, terbukti dengan eksistensi mereka menjalankan usaha dan terus menghasilkan barang/jasa yang bermanfaat, dan memberi kesejahteraan untuk semua pihak yang terlibat didalamnya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

usaha

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Business entrepreneurship Entrepreneurship kontekstual : Social entrepreneurship Public entrepreneurship Political entrepreneurship Ethnic entrepreneurship Agripreneurship Agropreneurship Rural entrepreneurship Urban entrepreneurship Minority entrepreneurship Spiritual entrepreneurship Economy ...