Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya
Vol 7 No 3 (2021): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Agustus)

Strategi Komunikasi Pembangunan dalam Mempertahankan Eksistensi Pasar Seni Guwang di Masa Pandemi

Ni Putu Yunita Anggreswari (Universitas Pendidikan Nasional)
Putu Astrid Harikaputri (Universitas Pendidikan Nasional)
Muhammad Rifqi (Universitas Pendidikan Nasional)
I Nyoman Windu Surya Sidantha (Universitas Pendidikan Nasional)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2021

Abstract

Corona Virus Desease merupakan virus yang menginfeksi seluruh dunia hingga statusnya ditetapkan sebagai pandemi. Mewabahnya virus corona atau yang dikenal dengan sebutan Covid-19 membuat perubahan dalam beberapa sektor yang salah satunya adalah sektor pariwisata. Merosotnya kunjungan pariwisata ke Bali juga berdampak terhadap pasar Seni Guwang dimana jumlah kunjungan pasar Seni Guwang merosot lebih dari 90%. Untuk menghadapi situasi tersebut diperlukan strategi komunikasi pembangunan sebagai langkah dalam memotivasi masyarakat agar turut berkontribusi dalam mempertahankan eksistensi pasar Seni Guwang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Teknik pengumpulan data yang terdiri dari Teknik wawancara, Teknik observasi dan Teknik dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat strategi komunikasi pembangunan yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran amsyarakat untuk berpartisipasi, menginformasikan tentang kesempatan masyarakat dalam berpartisipasi dan adanya usaha dalam meningkatkan kemampuan masyarakat dalam berpartisipasi. Corona Virus Disease is a virus that infects the whole world untul its status is designated as a pandemic. The outbreak of the corona virus or known as Covid-19 has made changes in several sectors, one of which is the tourism sector. The declines in tourism visits to Balu also has an impact on the Guwang Art Market where the number of visits to the Guwang art Marekt fell by more than 90%. To deal with this situation, a development communication strategy is needed as a step in motivating the community to contribute to maintaining the existence of the Guwang Art Market. This study uses a qualitative approach with data collection techniques consisting of interview techniques, observation techniques and documentation techniques. The result of this study indicate that there is a development communication strategy that aims to raise public awareness to participate, inform the community about opportunities to participate and the existence of efforts to improve the community’s ability to participate.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ideas

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ideas adalah sebuah jurnal online berbasis OJS yang memfasilitasi publikasi artikel ilmiah dari hasil penelitian. Hasil penelitian dapat berupa hasil penelitian mandiri atau kolaboratif. Peneliti dapat berasal dari berbagai kalangan seperti guru, dosen, mahasiswa, atau praktisi. Fokus ...