Penelitian ini bertujuan mengetahui kontibusi penguasaan kosakata bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis narasi oleh siswa kelas VIII MTs Nur Hasanah Medan. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah penguasaan kosakata bahasa Indonesia, kemampuan menulis narasi, dan kontibusi penguasaan kosakata bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis narasi siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Nur Hasanah Medan yang berjumlah 48 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil seluruhnya dari populasi yaitu 48 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data, jadi ia juga menyajikan data, menganalisis dan menginterpretasi. Alat pengumpulan data yang digunakan terbagi dua bagian yaitu tes pilihan berganda dan penugasan. Setelah dilakukan penelitin diperoleh kesimpulan bahwa penguasaan kosakata bahasa Indonesia kelas VIII MTs Nur Hasanah Medan adalah baik dengan nilai rata-rata 73,10. Kemampuan menulis narasi siswa MTs Nur Hasanah adalah baik dengan nilai rata-rata 72,65.
Copyrights © 2018