Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar handout berbasis gambar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi jaringan tumbuhan dan mengetahui kelayakan bahan ajar handout dari segi kevalidan, kepraktisan dan mengetahui peningkatan motivasi sesudah siswa menggunakan handout berbasis gambar. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurangnya penggunaan bahan ajar yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini juga disebabkan karena bahan ajar yang digunakan siswa belum menarik yaitu seperti buku paket. Indikator kurangnya motivasi belajar siswa yaitu siswa kurang aktif dalam belajar, cepat mengeluh ketika terlalu banyak soal yang diberikan guru, kurang minat dalam mencari informasi mengenai materi, dan siswa sulit dalam memahami materi. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa SMA Negeri 1 Kaway XVI Kelas XI Mia 2 dan objek dari penelitian ini adalah kelayakan bahan ajar handout berbasis gambar materi jaringan tumbuhan dilihat segi kevalidan, kepraktisan dan meningkatnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitan pengembangan dengan model adaptasi dari Borg and Gall yaitu tahapan model pengembangan ini mencakup 10 tahapan, namun karena keterbatasan waktu, hanya langkah pertama sampai tujuh saja yang digunakan peneliti. Hasil penelitian ini adalah (1) kelayakan bahan ajar handout dilihat dari segi kevalidan diperoleh skor rata-rata keseluruhan oleh ahli materi 4,60 dengan kriteria “sangat valid”, ahli desain 4,20 dengan kriteria “valid” dan ahli guru 4,89 dengan kriteria “Sangat Valid”. (2) kelayakan bahan ajar yang dilihat dari segi kepraktisan dipreoleh skor rata-rata keseluruhan 4,2 dengan kriteria “Praktis”. (3) Motivasi belajar siswa sebelum pembelajaran termasuk dalam kategori “cukup” dan menjadi “sangat tinggi”. Bahan ajar yang dikembangkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata kunci: Pengembangan, Motivasi Belajar, Bahan Ajar Handout, Berbasis Gambar
Copyrights © 2021