JURNAL PENELITIAN PERAWAT PROFESIONAL
Vol 3 No 3 (2021): Agustus 2021, Jurnal Penelitian Perawat Profesional

Kualitas Pelayanan Pasien di Rumah Perawatan Usia Lanjut Kristen Bogor

Sosyati Ataupah (Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Advent Indonesia)
Novita Verayanti Manalu (Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Advent Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2021

Abstract

Rumah pelayanan dapat didefinisikan sebagai satu dari berbagai organisasi kesehatan yang fungsinya ialah menyediakan pelayanan yang baik pada semua pasien, terlebih untuk rumah pelayanana kesehatan untuk usia lanjut. Kepuasan pasien ini dianggap sebagai tingkatan atau respon perasaan dari pasien yang didapatkannya sesudah menerima hasil atau kinerja yang diberikan pada pasien tersebut. Penelitian ini dimaksudkan agar dapat menentukan kualitas pelayanan yang pasien pada Rumah Pelayanan Usia Lanjut Kristen Bogor tersebut dapatkan. Guna menentukan tingkatan kepuasan ini, terdapat lima indikator tertentu yang dijadikan sebagai penentu untuk kualitas layanan ini, diantaranya ialah empati (empathy), jaminan (assurance), daya tangkap (responsiveness), keandalan (reliability) dan juga bukti langsung (tangibles). Untuk penelitian ini memanfaatkan metode Deskriptif Kuantitatif. Dalam memilih sampel penelitian menggunakan teknik sampel Cluster Random Sampling, yang mana bahwa total Responden penelitian ialah 75 responden. Data penelitian ini diambil ialah berawal dari tanggal 15 Maret 2021 sampai 20 April 2021. Berdasarkan hasil penelitian ini dihasilkan bahwa varibael bukti langsung (tangible) didapatkan tingkatan kepuasan senilai 93,9%, empati (Empathy) dihasilkan 68 responden penelitian (91,2%), jaminan (assurance) dihasilkan 68 responden penelitian (91%), daya tangkap (responsiveness) dihasilkan 68 responden penelitian (91,2%) dan sedangkan untuk kehandalan (Reliability) dihasilkan 69 responden (91,3%). Berdasarkan pada hasil penelitian ini dapat dihasilkan simpulan bahwa kualitas pelayanan Rumah Pelayanan Usia Lanjutan Kristen ini sangat bagus, yang mana bahwa rata-rata untuk tingkatan kepuasan yang diterima pasien ini ialah 91%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPPP

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Veterinary

Description

Jurnal Penelitian Perawat Profesional merupakan sarana publikasi karya ilmiah bagi para peneliti kesehatan khususnya perawat profesional. Jurnal Penelitian Perawat Profesional diterbitkan oleh Global Health Science Group. Jurnal Penelitian Perawat Profesional menerbitkan artikel-artikel yang ...