Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 3, No 3 (2021)

Pelatihan Peningkatan Kemampuan Literasi Digital untuk Guru-Guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Kotabaru

Nasrullah Nasrullah (Universitas Lambung Mangkurat)
Fatchul Mu’in (Universitas Lambung Mangkurat)
Nanik Mariani (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Memberikan pelatihan untuk mengenalkan literasi digital kepada guru mata pelajaran Bahasa Inggris di tingkat SMP dan memberikan peningkatan strategi dalam penerapan literasi digital ke guru mata pelajaran bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Kotabaru merupakan tujuan dari kegiatan ini. Kegiatan ini menggunakan dua pendekatan yaitu pendekatan pengenalan dan pelatihan. Pendekatan pengenalan ceramah dan diskusi tentang konsep literasi digital pada guru-guru mata pelajaran bahasa Inggris dan mengenalkan berbagai Sarana Digital untuk membantu para guru dalam pembelajaran bahasa Inggris. Sedangkan pendekatan pelatihan meliputi praktik dalam menerapkan literasi digital untuk pembelajaran bahasa Inggris dan pelatihan menggunakan berbagai sarana digital secara efektif dalam pembelajaran. Hasil dari kegiatan yang melibatkan 30 orang guru di kabupaten Kotabaru ini berupa: 1) meningkatnya keterampilan dalam mengajar karena bertambahnya wawasan tentang literasi digital, 2) bertambahnya strategi guru dalam mengajarkan bahasa Inggris secara online, dan 3) meningkatnya minat dan kemampuan siswa SMP pada mata pelajaran bahasa Inggris sehingga suasana belajar melalui online class lebih bervariasi dan menyenangkan. Providing training to introduce digital literacy to English subject teachers at the junior high school level and provide improved strategies in the application of digital literacy to English teachers at the junior high school level in Kotabaru Regency is the purpose of this activity. This activity used two approaches, namely the introduction and training approach. The introductory approach used lectures and discussions on the concept of digital literacy in English subject teachers and introduced various digital tools to help teachers in learning English. Meanwhile, the training approach includes practice in applying digital literacy for learning English and training using various digital tools effectively in learning. The results of this activity that involved 30 teachers in Kotabaru district were: 1) the increasing of the skills in teaching due to increased insight into digital literacy, 2) the increasing of teacher strategies in teaching English online, and 3) the increasing of interest and ability of junior high school students in following the English subjects so that the atmosphere of learning through online classes is more varied and fun.  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

btj

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat publishes articles from community service. This Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is periodically published by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat published ...