HIKMAH : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Vol 10, No 1 (2021)

ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS AL MA ARIF HIDAYATUL MUBTADI’IN KUNTO DARUSSALAM KABUPATEN ROKAN HULU

RIKA MELYANTI (Unknown)
NUR YUSUF (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman guru dalam penerapan kurikulum 2013 dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Al MA’ARIF Hidayatul Mubtadiin. Rumusan masalah penelitian  yakni 1) Bagaimanakah Penerapan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs Al MA Arif Hidayatul Mubtadi’in Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu?, 2) Apakah impelementasi kurikulum 2013 yang diterapkan oleh guru mata pelajaran Akidah Akhlak sudah berjalan efektif dan maksimal di MTs Al-MA Arif Hidayatul Mubtadi’in Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu ?. Sedangkan tujuan penelitian yakni 1) Untuk mengetahui penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Ma’Arif Hidayatul Mubtadi’in Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu, 2) Untuk mengetahui seberapa efektif dan maksimal impelementasi kurikulum 2013 yang diterapkan oleh guru Akidah Akhlak di MTs Al-Ma Arif Hidayatul Mubtadi’in Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Berdasarkan hasil penelitian mengenai penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Al Ma’arif Mubtadiin, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : Analisis penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran akidah akhlak dapat diterapkan dengan sangat baik sesuai dengan langkah-langkahnya dalam menerapkan kurikulum 2013, sebagaimana berdasarkan hasil penelitian terlihat dari 2 kali observasi dengan  3 guru akidah akhlak menunjukkan dalam tiap pertemuannya mengalami peningkatan yang baik dalam pelaksanaannya, hal ini terlihat hasil observasi pertama guru pertama yakni mencapai 56% dan pertemuan kedua 86%, sedangkan hasil observasi guru kedua pertemuan pertama mencapai 78% dan pertemuan kedua mencapai 91% selanjutnya observasi guru ketiga pertemuan pertama mencapai 82% dan pertemuan kedua mencapai 86%, berdasarkan hasil ini dapat dikatakan penerapan kurikulum 2013 mengalami peningkatan sangat baik dimana mencapai rata-rata 81%-100% atau dapat dikatakan sempurna dalam penerapannya. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

hikmah

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Hikmah : Jurnal Pendidikan agama islam upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan penelitian tentang pendidikan untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani, ajaran agama islam, dibarengi dengan tuntunan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar ...