HIKMAH : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Vol 1, No 1 (2009)

PEMIKIRAN PENDIDIKAN SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS

Khairuddin Khairuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2011

Abstract

Al-attas memiliki perhatian yang besar  terhadap khazanah intelektual Barat. Sebab, dengan memahami secara mendalam inti dari asumsi-asumsi dasar epistemologis disiplin-disiplin modern tentunya  mensyaratkan pemahaman yang mendalam tentang khazanah intelektual Barat itu sendiri. Sejalan dengan strategi islamisasinya, al-attas tidak mencampakkan begitu saja inti asumsi epistemology Barat. al-Attas nampaknya menggunakan pendekatan tersebut sebagai batu loncatan untuk mengoreksi disiplin modern dan memurnikan ilmu-ilmu Islam yang telah tercelup dalam paham-paham sekuler. Pengembaraan intelektual Naquib al-Attas berangkat dari dunia metafisis menuju dunia empiris. Alur pemikiran ini tidak dapat dilepaskan dari situasi dan kondisi yang mengelilingi pemikir muslim ini. Apabila dilihat secara substantif pemikiran al-Attas termasuk kategori tradisionalis, jika dianalisis secara metodologis, maka al-Attas tergolong skriptualis dan jika ditinjau secara histories tercakup dalam tipologi modernis.Kata Kunci: Pendidikan, Islamisasi Ilmu dan Westernisasi

Copyrights © 2009






Journal Info

Abbrev

hikmah

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Hikmah : Jurnal Pendidikan agama islam upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan penelitian tentang pendidikan untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani, ajaran agama islam, dibarengi dengan tuntunan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar ...