Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar
Vol 11, No 1 (2021): Volume 11 Nomor 1 (2021)

PENGUATAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MELALUI MODUL BERBASIS MODELLING THE WAY

Misra Misra (Unknown)
Tiya Yulika Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2021

Abstract

Belum tersedianya modul IPA dalam aktivitas pembelajaran di tengah situasi Covid-19 telah membuat cakrawala dan wawasan berfikir peserta didik menjadi sempit dan cenderung monoton. Orientasi pembelajaran daring berlangsung kaku dan kurang fleksibel karena bahan ajar yang digunakan lebih banyak bersumber hanya pada buku cetak saja. Sehingga ada anggapan bahwa pelajaran IPA itu hanya sebatas hafalan belaka yang terkadang sangat membosankan. Tulisan ini bertujuan untuk menyibak bagaimana upaya pendidik, khususnya pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat memberikan penguatan pemahaman konsep terhadap pelajaran IPA dalam kehidupan nyata peserta didik. Maka upaya pengembangan modul berbasis Modelling The Way dijadikan salah satu solutif alternatifnya.  Metode yang digunakan adalah pengembangan dengan pendekatan Research & Development (R&D) melalui model pengembangan 4-D (Four D Models) yang terdiri dari 4 tahap,yaitu mulai dari pendefenisian (define), perancangan (Desain), Pengembangan (Develop) dan  Penyebaran (Dissiminate). Hasil pengembangan menunjukkan bahwa modul berbasis Modelling The Way ternyata sangat efektif bagi peserta didik dalam pemahaman konsep pada pembelajaran IPA, dengan skor rata-rata mencapai di atas 90%. Di samping itu, juga mampu memberikan penguatan dalam menunjang aktivitas belajar peserta didik selama masa pandemi covid-19 melalui pembelajaran daring dari rumah. Dengan begitu, berarti dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa modul berbasis Modelling The Way sangat efektif dalam memberikan penguatan  terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik dalam mata pekajaran IPA pada Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

alawlad

Publisher

Subject

Education

Description

Terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember mulai tahun 2009, setiap volume ada 2 edisi. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan pemikiran orisinil dibidang pendidikan khusus pendidikan dasar atau madrasah ...