Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalaui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada tema 1 indahnya kebersamaan kelas IV Sekolah Dasar Negeri 13 Katobu Kabupaten Muna. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 13 Katobu Kabupaten Muna siswa laki-laki 12 orang dan siswa perempuan 5 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kulitatif melalui lembar observasi dan data kuantitatif melalui tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis data hasil belajar siswa diperoleh, Pada siklus I ketuntasan belajar siswa sebesar 9 orang atau 52,95% dan persentase tidak tuntas sebesar 8 orang atau 47,05% dengan nilai rata-rata 70. Sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 15 orang atau 88,23% sedangkan persentase tidak tuntas sebesar 2 orang atau 11,77% dengan nilai rata-rata siswa 78. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 1 Indahnya Kebersamaan Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 13 Katobu Kabupaten Muna.Kata kunci:  Model contextual teaching and learning; hasil belajar
Copyrights © 2021