Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya
Vol 19, No 2 (2021): Vol 19, Nomor 2, Tahun 2021

Source Model: Pengukuran Kredibilitas Celebrity Endorser

Dessy Yunita (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2021

Abstract

 ABSTRAK Tujuan penelitian – Sangat penting untuk mempertimbangkan kecocokan yang tepat antara selebriti dan target audiens. Kredibilitas bintang iklan mencerminkan apakah pemilihan bintang iklan tersebut adalah tepat. Pengukuran penting dilakukan agar dapat mengukur secara baik kredibilitas bintang iklan itu sendiri. Desain/Metodologi/Pendekatan – Penelitian diawali dengan pemilihan desain penelitian, penentuan variabel yang diukur untuk menjawab rumusan masalah, kemudian penentuan sampel penelitian diambil secara purposive. Untuk mengukur indikator kredibilitas selebriti, dirancang instrumen penelitian yang sesuai dengan menggunakan daftar pertanyaan terstruktur. Hasil pengumpulan data diolah dengan program komputer statistik yaitu SPSS untuk mendapatkan jawaban penelitian. Temuan – Penelitian ini menemukan bahwa indikator X1.5I (seksi) tidak dikelompokkan ke dalam variabel Daya Tarik. Keterbatasan penelitian – Penelitian ini perlu dipadukan dengan instrumen pengukuran bintang iklan (endorser) lainnya. Originality/value –Endorser merupakan sebuah strategi pesan iklan untuk mencapai target yang tepat. Diperlukan instrumen yang pasti untuk mengukur kredibilitas bintang iklan. Penelitian ini menggunakan Source model dalam menentukan instrument yang tepat untuk mengukur kredibiltas bintang iklan dari seorang selebriti.   Keywords : Celebrity Endorser, Kredibilitas, Attractiveness, Trustworthiness, Expertise. 

Copyrights © 2021