Jurnal Tematik
Vol 11, No 2 (2021): JURNAL TEMATIK

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU SISWA KELAS 4 DAN KELAS 5 SD

Tirza Putri Diany Gunawan (Universitas Kristen Satya Wacana)
Naniek Sulistya Wardani (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2021

Abstract

Abstract: This study aims to (1) produce a spiritual quality assessment product in thematic learning for grades IV and V in elementary school; (2) the level of validity and reliability of the spiritual attitude assessment instrument in integrated thematic learning in fourth and fifth grade elementary schools; (3) knowing the quality of spiritual attitude instruments in integrated thematic learning for grades IV and V in elementary school. This type of research is research and development (R&D), with a three-stage procedure, namely 1). preliminary study, 2). development, and 3). product testing. The research subjects were 145 students of class IV and V elementary school. The data collection technique used a questionnaire with a Likert scale instrument. The results showed that (1) the spiritual attitude assessment instrument in integrated thematic learning for grades IV and V in elementary school produced attitudes with a score scale of 1-5; (2) the spiritual attitude assessment instrument in integrated thematic learning in elementary grades IV and V SD has a validity level in the initial product trial of 0.19 rhit 0.63, then the validity of the instrument is low and invalid; the final product trial to 1 0.41 rhit 0.75, then the instrument validity is high; and the second final product trial was 0.31≤rhit 0.73, then the instrument validity was high. The reliability of the spiritual attitude assessment instrument in thematic learning is shown by = 0.88; 0.95 and = 0.95, then the research instrument is very reliable; (3) the validity of spiritual attitude instrument in integrated thematic learning of grades IV and V in elementary school is high and very reliable, then the quality of the spiritual attitude assessment instrument is good and feasible to use. Keywords: Development, assessment instruments, spiritual attitudes, thematics, elementary students.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk instrumen penilaian sikap spiritual dalam pembelajaran tematik terpadu kelas IV dan V di SD; (2) menentukan tingkat validitas dan reliabilitas instrumen penilaian sikap spiritual dalam pembelajaran tematik terpadu di SD kelas IV dan V SD; (3) mengetahui kualitas instrumen sikap spiritual dalam pembelajaran tematik terpadu kelas IV dan V di SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau research and development (R&D), dengan prosedur 3 tahap yaitu 1). studi pendahuluan, 2). pengembangan, dan 3). pengujian produk. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV dan V SD sebanyak 145. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan instrumen skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) instrumen penilaian sikap spiritual dalam pembelajaran tematik terpadu kelas IV dan V di SD yang dihasilkan berupa skala sikap dengan skore 1-5; (2) instrumen penilaian sikap spiritual dalam pembelajaran tematik terpadu di SD kelas IV dan V SD memiliki tingkat validitas pada uji coba produk awal 0,19 ≤rhit ≥ 0,63, maka validitas instrumen rendah dan tidak valid; uji coba produk akhir ke 1 0,41 ≤rhit ≥0,75, maka validitas instrumen tinggi; dan uji coba produk akhir ke 2 0,31≤rhit ≥0,73, maka validitas instrumen tinggi. Reliabilitas instrumen penilaian sikap spiritual dalam pembelajaran tematik ditunjukkan melalui α= 0,88; 0,95 dan α= 0,95,  maka instrumen penelitian sangat realibel; (3) validitas instrumen sikap spiritual dalam pembelajaran tematik terpadu kelas IV dan V di SD adalah tinggi dan sangat reliabel, maka kualitas instrumen penilaian sikap spiritual adalah baik dan layak digunakan.Kata Kunci: Pengembangan, instrumen penilaian, sikap spiritual, tematik terpadu, siswa SD  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tematik

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Tematik merupakan media komunikasi para akademisi, guru dan pemerhati dunia pendidikan dalam perspektif kependidikan. Jurnal tematik merupakan hasil penelitian, refleksi dan kajian kritis yang aktual berkenaan dengan tema-tema pendidikan, seperti kebijakan atau regulasi pendidikan, kurikulum, ...