Celebes Biodiversitas : Jurnal Sains dan Pendidikan Biologi
Vol 4, No 2 (2021): Science, Conservation, Biology Education

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CERAMAH BERMEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI

Flavianus Jempau (Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi, STKIP Pembangunan Indonesia)
Muhammad Anas (Program Studi Pendidikan Biologi, STKIP Pembangunan Indonesia, Jl. Inspeksi Kanal Citraland no 10 Makassar)
Alin Liana (Program Studi Pendidikan Biologi, STKIP Pembangunan Indonesia, Jl. Inspeksi Kanal Citraland no 10 Makassar)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi konsep sistem saraf melalui metode pembelajaran ceramah dengan menggunakan media audiovisual pada siswa kelas XI SMA Jayanegara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Data diperoleh melalui lembar observasi aktivitas belajar dan tes hasil belajar. Data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan analisis stastistik deskritif, sedangkan data hasil observasi akan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran ceramah dengan menggunakan media audiovisual memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus. Pada siklus I nilai ketuntasan siswa rata-rata 30,89% meningkat pada siklus II dengan rata-rata 88,23%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode ceramah dengan menggunakan media audiovisual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.Kata kunci: Hasil belajar, Metode ceramah, Media audiovisual.

Copyrights © 2021