Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Vol 6, No 3 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, Vol. 6, No. 3, Juli 2021

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Usaha dan Pesawat Sederhana pada Aspek Kognitif di kelas VIII SMPN 1 Kabawo

Sumarni, Sumarni (Unknown)
Tahang, La (Unknown)
Sukariasih, Luh (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil pelajar peserta didik pada materi usaha dan pesawat sederhana kelas VIII SMPN 1 Kabawo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar peserta didik setelah menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan model pembelajaran konversional yang digunakan oleh guru IPA di SMPN 1 Kabawo. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 1 Kabawo semester genab tahun pelajaran 2019-2020 berjumlah 140 peserta didik. Teknik pengambilan sampel adalah teknik random sampling sehingga diperoleh kelas VIII A kelas eksperimen dan VIII B kelas kontrol. Teknik pengumpulan data hasil belajar peserta didik menggunakan tes objektif. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh gambaran pre test hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 34,25 dan 31,7. Gambaran post test hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 75,9 dan 69,4. Dari hasil analisis data ada perbedaan antara nilai rata-rata post test hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan nilai rata-rata post test hasil belajar peserta didik kelas kontrol. Ada perbedaan secara signifikan antara nilai rata-rata N-Gain hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPFI

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika is a Scientific Journal published by the Jurusan Pendidikan Fisika of the Teaching and Education Faculty of Halu Oleo University with a period of 4 (four) times a year, namely the January, April, July and November periods. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika ...