Transformasi pembelajaran dimasa pandemic Covid19 merubah pelaksanaan pendidikan dari yang biasanya berlangsung secara tatap muka atau luring menjadi bergantung pada jaringan Internet yaitu daring. Pembelajaran daring menjadikan siswa leluasa mengakses Internet kapan pun dan di mana pun. Edukasi terkait literasi teknologi dalam hal ini penggunaan Internet sehat atau tepat guna sangat penting agar dampak negatif seperti kecanduan Internet, mengakses konten pornografi, dan lain sebagainya dapat dihindari. Permasalahan umum pihak mitra ialah mitra merupakan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang telekomunikasi yang focus mempelajari penerapan teknologi informasi sehingga diluar masa pandemic pun tetap bergantung menggunakan Internet sebagai fasilitas penunjang pembelajaran. Selain itu, SMK mitra memiliki siswa kategori remaja dengan rentang usia 16-18 tahun yang secara psikologis cukup rentan terpengaruh hal-hal baru. Adapun metode pelaksanaan kegiatan ialah berupa penyuluhan kepada siswa terkait Internet sehat dan pengujian tingkat ketergantungan penggunaan Internet siswa. Hasil kegiatan menujukkan perubahan pemahaman yang cukup signitfikan dari cukup paham menjadi paham akan Internet sehat dan siswa semakin menyadari bahwa penggunaan Internet perlu dikontrol
Copyrights © 2021