PENCERAHAN
Vol. 12 No. 1 (2018): PENCERAHAN

KONSTRUKTIVISME, APLIKASINYA BAGI PERANCANGAN DAN PEMBELAJARAN

Syarwan Ahmad (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2018

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk memperjelas makna Konstruktivisme dan implikasinya dalam perancangan dan pembelajaran. Aliran pembelajaran Konstruktivisme merupakan penguatan dan penyempurnaan aliran-aliran pembelajaran sebelumnya seperti Kognitivisme dan Behaviorisme. Yang paling penting menurut falsafah pembelajaran Konstruktivisme adalah proses pembelajaran dapat memfasilitasi konstruksi pengetahuan oleh pelajar sendiri. Dalam proses pembelajaran, antara lain, inquiry, cooperative, collaborative, pengaitan pembelajaran dengan alam nyata (real world) dan pertimbangan pengetahuan awal (prior knowledge) siswa sangat penting diperhatikan guru. Konstruktivisme menuai kritikan terutama dari kalangan praktisi pendidikan. Bagaimanapun, Konstruktivisme merupakan aliran pembelajaran terkini yang direkomendasikan psikolog pendidikan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Fokus dan Cakupan Pencerahan adalah jurnal double-blind peer review yang mempublikasikan artikel ilmiah yang terkait dengan semua aspek tentang pendidikan di Indonesia dan negara-negara berkembang. Pencerahan menganjurkan para dosen, guru, dan praktisi pendidikan lainnya untuk mempublikasikan hasil ...