Economic Education Analysis Journal
Vol 8 No 1 (2019): Economic Education Analysis Journal

PENGARUH PENGALAMAN OJT, FASILITAS BELAJAR, DAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA MELALUI MOTIVASI BERPRESTASI

Kusumasari, Nita (Unknown)
Rustiana, Ade (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh positif dan signifikan masing-masing OJT, fasilitas belajar, lingkungan pendidikan, dan motivasi berprestasi baik secara langsung maupun tidak langsung melalui motivasi berprestasi terhadap kesiapan siswa SMK Negeri 1 Boyolali kelas XII Administrasi Perkantoran tahun pelajaran 2017/2018 di dunia kerja. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII AP SMK N 1 Boyolali tahun pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket. Teknik analisis yang digunakan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan masing-masing lingkungan pendidikan dan motivasi berprestasi terhadap kesiapan kerja. Ada pengaruh positif dan signifikan lingkungan pendidikan terhadap motivasi berprestasi. Ada pengaruh positif dan signifikan pengalaman OJT dan lingkungan pendidikan terhadap kesiapan kerja siswa melalui motivasi berprestasi. Ada pengaruh positif dan tidak signifikan pengalaman OJT dan fasilitas belajar terhadap kesiapan kerja. Ada pengaruh positif dan tidak signifikan pengalaman OJT dan fasilitas belajar terhadap motivasi berprestasi. Ada pengaruh positif dan tidak signifikan fasilitas belajar terhadap kesiapan kerja melalui motivasi berprestasi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

eeaj

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Manuscripts for Economic Education Analysis Journal should fall within one of the following categories: Research in economics education: Original theoretical and empirical studies dealing with the analysis and evaluation of teaching methods, learning attitudes and interests, materials, or processes. ...