Economic Education Analysis Journal
Vol 8 No 2 (2019): Economics Education Analysis Journal

Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Self-Efficacy

Indriyani, Ika (Unknown)
Subowo, Subowo (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha melalui self-efficacy sebagai variabel intervening. Populasi pada penelitian ini adalah 160 mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2015 dan sampel sebanyak 114 mahasiswa setelah diolah dengan rumus slovin dengan standar error 5%. Penelitian ini menggunakan angket sebagai alat pengumpulan data. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh positif dan signifikan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha, 2) tidak ada pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha, 3) ada pengaruh positif dan signifikan self-efficacy terhadap minat berwirausaha, 4) ada pengaruh positif dan signifikan pengetahuan kewirausahaan terhadap self-efficacy, 5) ada pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap self-efficacy, 6) ada pengaruh positif dan signifikan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha melalui self-efficacy, 7) ada pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha melalui self-efficacy. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha melalui self-efficay.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

eeaj

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Manuscripts for Economic Education Analysis Journal should fall within one of the following categories: Research in economics education: Original theoretical and empirical studies dealing with the analysis and evaluation of teaching methods, learning attitudes and interests, materials, or processes. ...