Economic Education Analysis Journal
Vol 9 No 2 (2020): Economics Education Analysis Journal

Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Administrasi Desa/SMARD

Citra, Alfath Prima (Unknown)
Kuswantoro, Agung (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan terhadap penggunaan Sistem Informasi Manajemen Administrasi Desa (SMARD): Studi pada Kelurahan dan Desa se-Kecamatan Bergas di Kabupaten Semarang baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah perangkat kelurahan dan desa se-Kecamatan Bergas di Kabupaten Semarang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 98 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan . Hasil uji secara simultan dan parsial menghasilkan pengaruh positif dan signifikan antara variabel persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan terhadap penggunaan SMARD. Simpulan dari penelitian ini yaitu adanya pengaruh positif dan signifikan antara persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan terhadap penggunaan SMARD baik secara simultan maupun parsial. Saran dari penelitan ini adalah (1) Mengadakan bimbingan teknis mengenai cara mengatasi SMARD yang error pada saat digunakan, (2) Mengadakan pelatihan untuk pegawai-pegawai yang dirasa masih kurang mampu menguasai SMARD, (3) Pegawai untuk lebih terbuka dengan adanya teknologi baru serta bersedia untuk mempelajarinya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

eeaj

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Manuscripts for Economic Education Analysis Journal should fall within one of the following categories: Research in economics education: Original theoretical and empirical studies dealing with the analysis and evaluation of teaching methods, learning attitudes and interests, materials, or processes. ...