Economic Education Analysis Journal
Vol 9 No 2 (2020): Economics Education Analysis Journal

Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana Kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

Wulandari, Anggi Rizki (Unknown)
Pramusinto, Hengky (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai mengenai kualitas butir soal yang belum terdeteksi baik buruknya kualitas butir soal. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh soal ujian akhir semester ganjil mata pelajaran otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana yang berjumlah 40 butir soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif menggunakan format penelaah dan program Anates Version 4.0.9. Hasil penelitian secara kualitatif menggunakan format penelaah soal pilihan ganda dan uraian dikatakan cukup baik dari aspek materi dan konstruksi, sedangkan dari aspek bahasa dikatakan baik.Hasil penelitian secara kuantitatifdiperoleh soal pilihan ganda reliabel dan uraian tidak reliabel. Validitas soal pilihan ganda 29 soal valid dan 11 soal tidak valid, sedangkan uraian 1 soal valid dan 4 soal tidak valid. Tingkat kesukaran soal pilihan ganda 1 soal sangat mudah, 8 soal mudah, 27 soal sedang, 4 soal sulit, sedangkan soal uraian 1 soal sangat mudah 1 soal sedang. Daya pembeda soal pilihan ganda 26 soal sangat baik, 2 soal baik, 2 soal cukup baik, 6 soal tidak baik dan 4 soal negatif, sedangkan soal uraian 1 soal sangat baik dan 4 soal tidak baik. Efektivitas pengecoh soal pilihan ganda 81 pengecoh berfungsi dan 79 pengecoh tidak berfungsi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

eeaj

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Manuscripts for Economic Education Analysis Journal should fall within one of the following categories: Research in economics education: Original theoretical and empirical studies dealing with the analysis and evaluation of teaching methods, learning attitudes and interests, materials, or processes. ...