Dharmas Education Journal (DE_Journal)
Vol 1 No 1 (2020): Juni

KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA DALAM PENYELESAIAN SOAL INTEGRAL BERDASARKAN TEORI APOS

Mia Fitria (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2022

Abstract

Pemahaman konsep merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai mahasiswa dalam mempelajari matematika terutama pada materi integral. Pemahaman konsep yang dilihat penelitian ini berdasarkan pada teori APOS yaitu aksi, proses, objek dan skema. Selanjutnya hasil penelitian diharapkan dapat memberikan deskripsi tentang pemahaman konsep mahasiswa berdasarkan teori APOS. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen utama pada penelitian ini adalah peneliti sendiri dan instrument pendukung adalah soal tes dan pedoman wawancara. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis di STIKES Intan Martapura yang mengambil mata kuliah Matematika. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga orang yang terdiri atas mahasiswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Mahasiswa yang telah ditetapkan sebagai subjek dalam penelitian ini diberi soal tes kemudian dilanjutkan dengan wawancara yang berkaitan dengan jawaban mahasiswa. Hasil yang diperoleh adalah pada tahap aksi dan proses tidak ada satupun subjek yang memenuhi. Pada tahap objek dan skema hanya dipenuhi oleh subjek 1.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

de_journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Public Health Other

Description

DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dharmas Indonesia, dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta berbagi perkembangan ilmu tentang pendidikan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah ...