Jurnal Akademik FKIP Unidayan
Volume 9, Nomor 2, Mei 2021

Efektivitas Pendekatan Open-Ended Ditinjau dari Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Talaga Raya

Syahrin Syahrin (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)
Azis Azis (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pendekatan Open-ended dalam pembelajaran matematika ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Talaga Raya. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Talaga Raya yang terdiri atas 5 kelas. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling yaitu kelas X IPA1 kelompok A sebagai kelas eksperimen sebanyak 14 orang dan siswa kelas X IPA 1 kelompok B sebagai kelas kontrol sebanyak 16 orang di SMA Negeri 1 Talaga Raya.Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) rata-rata hasil belajar siswa pada tes awal kelas eksperimen sebesar 67,1429; (2) rata-rata hasil belajar siswa pada tes awal kelas kontrol sebesar 57,8125; (3) rata-rata hasil belajar siswa pada tes akhir kelas eksperimen sebesar 80,7143; (4)rata-rata hasil belajar siswa pada tes akhir kelas kontrol sebesar 70,9375. (5) berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh nilai thitung = 0,208 dan nilai signifikan ρ = 0,837. Berdasarkan nilaisignifikan = 0,837 < 0,05 dengan demikian hipotesis (H0) diterima.Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan open-ended dalam pembelajaran matematikaditinjau dari kemampuan representasi matematis tidak efektif pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Talaga Raya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fkip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unidayan ini diharapkan menjadi wahana informasi ilmiah, juga diharapkan dapat merangsang minat kita semua untuk membuat karya ilmiah sesuai disiplin ilmu yang dimiliki. Redaksi menerima dari staf pengajar (guru dan dosen), peneliti, ...