Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 3 No. 1 (2021): Journal On Teacher Education

PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING MEDIA DAUN Di KELAS A TK TUNAS HARAPAN KECAMATAN TAPUNG HILIR

Rastuti Rastuti (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Zulfah Zulfah (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Yolanda Pahrul (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting media daun di kelas A TK Tunas Harapan. Hal ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan Motorik Halus anak pada indikator menggunting lengkung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), instrumen yang digunakan lembar observasi yang berbentuk ceklis dan dokumentasi, waktu pelaksanaanya dari tanggal 12 April 2021 sampai 21 April 2021, subjek penelitian yakni 12 anak kelas A yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 6 anak perempuan dan di laksanakan dalam 2 siklus yakni siklus 1 dan siklus II. Pada tahap pratindakan persentase rata-rata ketercapaian anak baru mencapai 52.08%, Hasil penelitian Siklus I persentase yang dicapai sebesar 60,87%, dan pencapaian peningkatan keterampilan motorik halus anak pada Siklus II sebesar 84,95%. Kesimpulan penelitian melalui kegiatan mengguntig media daun dapat meningkatkan motorik halus anak di kelas A TK Tunas Harapan Tapung Hilir.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...