Kondisi klasik yang dialami penggerak Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dari dalam yaitu permodalan, sumberdaya manusia, dan minim jaringan bisnis, sedang dari luar adanya competitor, infrastuktur pemasaran dan penjualan produk serta dampak dari pasar bebas. Sehinga jangkaun untuk pemasaran produk dan penjualan masih sebatas lingkungan sekitar dan informasi dari orang per orang yang sudah membeli produk, mengikuti bazar dan berbagai event yang tiada pasti pelaksanaanya. E-Market yang dikembangkan dengan nama E-Selojari mengadopsi proses Plan, Do, Check and Act (PDCA) dengan rangkaian kegiatan yaitu melakukan perencanaan, pengerjaan E-Market, evaluasi pelaksanaan dan melakukan tindak lanjut dari evaluasi yang dihasilkan. Hasil implementasi E-Market yaitu terwujudnya aplikasi E-Selojari berbasis web yang mampu menjadi alternatif wadah/media untuk melakukan pemasaran dan penjualan secara online. Dengan adanya E-Selojari memudahkan UMKM desa Selojari yang sudah memiliki produk jadi dapat melakukan proses pemasaran dan penjualan dengan jangkauan tanpa batas dan akan dikenal oleh masyarakat luas.
Copyrights © 2021