Journal for Lesson and Learning Studies
Vol 3, No 2 (2020): July

Model Reciprocal Teaching Berbasis Reinforcement Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Sandra Dewi, Putu Krisna (Unknown)
Ardana, I Ketut (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching berbasis reinforcement terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SDN. Jenis penelitian yaitu quasi experiment dengan bentuk Non-Equivalent Control Grup Design. Populasinya ialah seluruh kelas V SDN sebanyak 9 kelas, 253 siswa.  Penentuan sampel dengan teknik random sampling sehingga terpilih 68 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok. Data dikumpulkan menggunakan metode tes berupa tes pilihan ganda biasa sebanyak 36 soal. Selanjutnya dianalisis dengan uji-t polled varian. Berdasarkan hasil analisis diperoleh harga thitung  = 2,086 , dk = 66 dan taraf signifikansi 5% diperoleh  ttabel = 1,997. Dengan demikian, harga thitung = 2,086 > ttabel = 1,997, maka H0 ditolak sehinga adanya perbedaan signifikan kompetensi pengetahuan IPA terhadap kedua kelompok sampel. Sehingga disimpulkan, model  Reciprocal Teaching berbasis reinforcement berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SDN.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JLLS

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes ...