Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 7, No 2 (2019): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Media Grafis untuk Meningkatkan Pembelajaran IPS tentang Peristiwa dan Tokoh Proklamasi Kemerdekaan di Kelas V SD Negeri 1 Selang Tahun Ajaran 2017/2018

Besar Arthagunantika (Unknown)
Muhamad Chamdani (Unknown)
Rokhmaniyah Rokhmaniyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan pembelajaran IPS tentang peristiwa dan tokoh proklamasi kemerdekaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif melalui tiga siklus dengan subjek penelitian siswa kelas V. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan saintifik dengan media grafis dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang peristiwa dan tokoh proklamasi kemerdekaan. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...