Teknik Pembelajaran Card Sort (Pemilihan Kartu) merupakan aktifitas kerjasama yang bisa digunakan untuk mengajarkan konsep, atau menilai informasi. Gerak fisik di dalamnya dapat membantu membangkitkan keinginan belajar siswa yang merasa penat. Minat belajar adalah pilihan kesenangan dalam melakukan kegiatan dan dapat membangkitkan semangat seseorang untuk memenuhi kesediannya yang dapat diukur melalui kesukacitaan, ketertarikan, perhatian dan keterlibatan. Peneltian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Teknik Pembelajaran Card Sort (Pemilihan Kartu) terhadap Minat belajar siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Cirebon Desa Babakan Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu: Observasi, Wawancara, Angket, dan Dokumentasi. Sedangkan untuk Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan rumus validitas, reabilitas, prosentase, korelasi product moment.Kesimpulan hasil penelitian yang telah dilaksnakan oleh peneliti adalah: Penerapan Teknik Pembelajaran Card Sort (Pemilihan Kartu) terhadap Minat belajar siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Cirebon Desa Babakan Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon menunjukkan nilai korelasi yang kuat mencapai rxy= 0,63 karena berada pada interval 0,60 – 0,799. Adapun prosentasi penerapan Teknik Pembelajaran Card Sort (Pemilihan Kartu) (variabel X) terhadap Minat Belajar (variabel Y) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Cirebon Desa Babakan Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon adalah sebesar 39,69% sedangkan sisanya yaitu 60,31% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: Teknik Pembelajaran, Card Sort (Pemilihan Kartu) dan Minat Belajar
Copyrights © 2020