Puskesmas pangkalan merupakan pusat pelayanan kesehatan di daerah kecamatan pucuk rantau yang masih terbilang belom sempurna, karena dokter dan pegawai tidak tinggal di area puskesmas tersebut, keterlambatan pihak Puskesmas dalam membuka loket pelayanan, sehingga banyak pasien yang menunggu kepastian waktu dimulainya pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuai pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Pangkalan Kec.Pucuk Rantau Prov.Riau. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien yang menjalakan pengobatan di puskesmas dengan pasien sebanyak 967 pasien pada bulan Januari sampai bulan Desember 2018 yang berjumlah 91 orang diambil secara simple random Sampling. Data diolah dengan menggunakan regresi linear berganda dengan menggunakan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan (X1) terhadap kepuasan pasien dan terdapat pengaruh signifikasn antara lokasi (X2) terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Pangkalan Kec.Pucuk Rantau Prov.Riau.
Copyrights © 2020