Matua Jurnal
Vol. 2 No. 4 (2020): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Desember 2020)

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PUSKESMAS PANGKALAN KECAMATAN PUCUK RANTAU PROVINSI RIAU

Deliana mj (Unknown)
Agus Sutarjo (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2021

Abstract

Puskesmas pangkalan merupakan pusat pelayanan kesehatan di daerah kecamatan pucuk rantau yang masih terbilang belom sempurna, karena dokter dan pegawai tidak tinggal di area puskesmas tersebut, keterlambatan pihak Puskesmas dalam membuka loket pelayanan, sehingga banyak pasien yang menunggu kepastian waktu dimulainya pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuai pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Pangkalan Kec.Pucuk Rantau Prov.Riau. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien yang menjalakan pengobatan di puskesmas dengan pasien sebanyak 967 pasien pada bulan Januari sampai bulan Desember 2018 yang berjumlah 91 orang diambil secara simple random Sampling. Data diolah dengan menggunakan regresi linear berganda dengan menggunakan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan (X1) terhadap kepuasan pasien dan terdapat pengaruh signifikasn antara lokasi (X2) terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Pangkalan Kec.Pucuk Rantau Prov.Riau.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

MJ

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Matua Jurnal diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan LPPM Universitas Ekasakti untuk menyebarluaskan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari dalam dan luar Ekonomi Universitas Ekasakti. Jurnal ini berisi penulisan hasil media ilmiah pengembangan dan penyebarluasan pengkajian gagasan, ...