ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika
Vol. 1 No. 2 (2020): ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika

Studi Komparatif Hasil Belajar Matematika Siswa Berdasarkan Jurusan

Nouri Alfin Nabilah (IAIN Jember)
Yunita Nury Wulandari (IAIN Jember)
Hilda Amalia Pangertika (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika siswa pada masing-masing jurusan. Tempat penelitian adalah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI pada semua jurusan di MAN 1 Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan dataset statistic yang didapat dari hasil ulangan harian matematika kelas XI KD 3.3 tentang menjelaskan matriks dan kesamaan matriks dengan menggunakan masalah kontekstual dan melakukan operasi pada matriks yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian skalar, dan perkalian, serta transpose. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif inferensial dengan uji One-Way Anova. Hasil dari penelitian ini adalah diketahui adanya perbedaan hasil belajar matematika siswa disetiap jurusan, yakni jurusan Matematika-Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Program Keagamaan (PK), Bahasa, dan Bina Insan Cendekia (BIC). Jurusan sangat berpengaruh pada hasil belajar matematika, jika dilihat dari segi kemampuan nalar matematika maka jurusan BIC dan MIPA yang paling besar nilai hasil belajar matematikanya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

arm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika adalah jurnal dengan peninjauan sebaya dan diterbitkan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Matematika FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada kajian Matematika, baik kajian literatur maupun ...