Altruis: Journal of Community Services
Vol. 2 No. 3 (2021): Altruis

Pelatihan Goal setting Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa Di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo

Ika Wulan Ramadhani (Unknown)
Zaki Nur Fahmawati (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Ghozali Rusyid Affandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Motivasi belajar merupakan seluruh aktivitas daya penggerak pada diri siswa yang menimbulkan aktivitas belajar dan menjamin kelangsungan kegiatan belajar serta memberikan arahan pada kegiatan belajar. Motivasi belajar menjadi daya penggerak yang dapat mengarahkan siswa untuk mencapai tujuan atau sasaran yang ditetapkan. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar adalah tujuan (goal setting). pembuatan tujuan menjadi suatu upaya penting dalam memaksimalkan motivasi , adanya pemahaman tentang tujuan sebagai suatu untuk digapai dapat menimbulkan minat yang lebih untuk belajar. Psikoedukasi yang dilakukan mendapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar antara sebelum dan setelah diberikan psikoedukais terkait goal setting dengan perbedaan reratanya adalah -16.000 (mean difference), t score = -8.263 dan p = 0.001 < 0.05. Berdasarkan perhitungan deskriptif didapatkan hasil bahwa nilai mean pretest sebesar 99.433 dan posttest sebesar 115.433 yang berarti bahwa motivasi belajar siswa memiliki nilai lebih tinggi setelah mendapatkan psikoedukasi terkait goal setting. KATA KUNCI: Motivasi belajar, Goal setting, Siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

altruis

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Public Health Other

Description

The scope of Altruis is community service reports dealing with social issues in our community, ranging from educational, political, economical and cultural ...