Pandemi Covid-19 yang dialami secara global telah menyebabkan banyak masalah pada berbagai sektor kehidupan, tidak terkecuali pada dunia pendidikan. Institusi pendidikan yang belum menguasai integrasi Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK) dalam pengajaran mengalami tantangan dan hambatan besar ketika harus melaksanakan sistem pembelajaran secara online. Sementara itu, sebagian anak bangsa yang memiliki kebutuhan khusus telah memiliki keterbatasan alamiah yang menghambat proses belajarnya, dan semakin terpuruk dengan kondisi pembelajaran secara online. Metode yang digunakan dalam melaksanakan program ini mengadopsi beberapa tahapan penelitian pengembangan yang disesuaikan dengan tahapan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, pendampingan, dan evaluasi. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa guru telah memiliki pemahaman yang tinggi terhadap penggunaan aplikasi Siswa Plus dengan rerata skor sebesar 88,07. Dengan demikian, guru diharapkan mampu memberikan layanan pembelajaran online secara berkualitas dan menarik bagi siswa berkebutuhan khusus.
Copyrights © 2021