Jurnal Pendidikan Guru (JPG)
Vol 2, No 4 (2021): JPG: Jurnal Pendidikan Guru

TRANSFORMASI MODEL PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 5 BOGOR

Dewi Suhartini (SMAN 5 Kota Bogor)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2021

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah dilakukan sesuai dengan arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia terkait Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan  Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease ( Covid-19 ). Sistem pembelajaran dilaksanakan melalui perangkat personal computer (PC) atau laptop yang terhubung dengan koneksi jaringan internet. Pendidik dapat melakukan pembelajaran bersama di waktu yang sama menggunakan grup di media sosial seperti whatsapp (WA), telegram, Instagram, aplikasi zoom, ataupun media lainnya sebagai media pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas dengan analisis deskriptif pada masing-masing guru yang menjadi subyek penelitian ini sebanyak 19 guru yang mengajar di kelas XI SMAN 5 Bogor. Pada penelitian ini pertanyaan yang akan dijawab adalah bagaimana transformasi model pembelajaran guru di SMA Negeri 5 Kota Bogor saat melakukan daring pada masa pandemi covid-19 tahun pelajaran 2020/2021 semester ganjil serta hal yang dilakukan oleh guru SMA Negeri 5 Kota Bogor untuk lebih kreatif dan inisiatif melakukan model-model pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 tahun pelajaran 2020/2021 semester ganjil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada pra siklus, di awal masa pandemi 53% guru tidak pernah melakukan kreatifitas dan inisiatif dalam menggunakan model pembelajaran daring. Hanya 37% guru saja yang pernah melakukan kreatifitas dan inisiatif dalam menggunakan model pembelajaran daring serta  10% saja yang selalu melakukan kreatifitas dan inisiatif . Lalu di siklus 1 dan 2 sudah mengalami peningkatan seperti menulis RPP 1 lembar serta RPP guru sudah memenuhi komponen yang ditentukan dengan integritasi PPK/4C/Literasi/HOTS.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpg

Publisher

Subject

Other

Description

Merupakan Jurnal Pendidikan yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ibn Khaldun Bogor. Ruang lingkup meliputi penelitian para guru terkait ...