Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui seberapa besar pengaruh pengelolaan pembelajaran terhadap prestasi belajar mahasiswa kelas B semester III Jurusan Biologi STKIP Bima tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan populasi dan sampel yaitu seluruh mahasiswa kelas B Semester III Jurusan Biologi STKIP Bima yang berjumlah 41 orang. Teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara, dan dokumentasi. Dan di analisis menggunakan teknik regresi linier sederhana, uji t, uji F, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pengelolaan pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa kelas B semester III Jurusan Biologi STKIP Bima tahun ajaran 2017/2018 yang ditunjukkan dengan uji hipotesis yang diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel yaitu 4,594 > 2,045 sedangkan perolehan dari uji keberartian linier adalah (0,000 < 0,05) dan f hitung > f tabel dengan DF (1, 30) α = 5%, maka (21,102 > 4,17 ), (2) Dari hasil uji determinasi sebesar 0,413 menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran berpengaruh cukup terhadap prestasi belajar di STKIP Bima tahun ajaran 2017/2018 yang ditunjukan dengan hasil uji determinasi (R2) sebesar 0,413 artinya bahwa besarnya pengaruh pengelolaan pembelajaran terhadap prestasi belajar adalah sebesar 41,3 %, sedangkan 58,7 % sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Copyrights © 2018