Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 10 No 1 (2021): ORYZA Jurnal Pendidikan Biologi

Inventarisasi Keanekaragaman Makrozoobentos Di Pesisir Pantai Rontu

Ferawati Ferawati (STKIP Bima)
Bakhtiar Bakhtiar (STKIP Bima)
Anita Rahmawati (STKIP Bima)
Muhammad Iqbal (STKIP Bima)
Nikman Azmin (STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2021

Abstract

Wilayah pesisir pantai Rontu Kabupaten Bima digunakan untuk berbagai macam seperti kegiatan pariwisata bahari, pemukiman dan lain-lain. Sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui Keanekaragaman Makrozoobentos Di Pesisir Pantai Rontu Kabupaten Bima. Metode yang digunakan pada penelitin ini yaitu metode purposive sampling. Untuk melihat tingkat keanekaragaman dapat di analisis dengan rumus Shannon-Wiener. Hasil penelitian keanekaragaman makrozoobentos di pesisir pantai Rontu Kabupaten Bima, hanya ditemukan di stasiun 1 sedangkan stasiun 2 dan 3 tidak ditemukan makrozoobentos dan di peroleh makrozoobentos yang terdiri dari 4 kelas yaitu kelas Gastropoda, Echinoidea, Bivalvia dan Crustacea dengan jumlah spesies yaitu 33 dan jumlah individu sebanyak 159. Nilai indeks keanekaragaman 2.85, di kategorikan indeks keanekaragaman yang tergolong sedang, hal ini dikarenakan nilai indeks keanekaragaman (H’) yang diperoleh 1<H’≤ 3. Nilai indeks kemerataannya 0.81 di kategorikan penyebaran jenis merata, hal ini dikarenakan nilai indeks kemerataan 0,75 maka penyebaran jenis merata. Frekuensi kehadiran sebesar 25.92% dengan rata-rata 8.64% dan 7 kali muncul dan termasuk kategori frekuensi kehadiran jarang muncul. indeks kelimpahan tertinggi yaitu spesies Rhinoclavis sinensis dengan nilai kelimpahan 19.49% dengan rata-rata 6.49% sedangkan indeks kelimpahan terendah salah satunya spesies yaitu Nassarius collomoni dengan nilai kelimpahan 0.62% dengan rata-rata 0.20%

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

OZ

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima, memuat artikel hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang pendidikan dan ...