Edusiana : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam
Vol. 8 No. 2 (2021): EDUSIANA : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN MUTU PESERTA DIDIK DI SDLB MAHARANI LAMONGAN

Muh. Hasyim Rosyidi (Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan (INSUD) Jawa Timur)
Akmalatun Nisa (Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan (INSUD) Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2021

Abstract

: Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang meningkatkan dan menyeimbangkan soft skill dan hard skill yang meliputi aspek kompetensi sikap, ketrampilan, dan pengetahun. Dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 mencakup perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Penerapan kurikulum 2013 di Sekolah Luar Biasa ini merupakan bukti tidak membeda-bedakan antara Sekolah Reguler dan Sekolah Luar Biasa, Penelitian ini akan membahas implementasi kurikulum 2013 dalam meningkatkan mutu peserta didik di SDLB Maharani Lamongan, Penelitian ini bertujuan untuk menjawab beberapa rumusan masalah : 1) Bagaimana implementasi kurikulum 2013 dalam meningkatkan mutu peserta didik di SDLB Maharani Lamongan. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum 2013 di SDLB Maharani Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data dan analisis dengan metode deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa : 1) Implementasi kurikulum 2013 dalam meningkatkan mutu peserta didik mencakup tiga kegiatan : perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Perancanaan pembelajaran dilakukan secara lengkap berisi struktur kurikulum, kalender pendidikan, mengkaji silabus, program semester, jadwal pelajaran dan menyusun RPP yang dilakukan oleh masing-masing guru sesuai dengan jenis ketunaan dan kebutuhan. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan tiga kegiatan : pendahuluan, inti dan penutup, dari tiga kegiatan tersebut sudah terlaksana sesuai dengan RPP yang dibuat guru, akan tetapi untuk pendekatan scientific belum terlaksana dengan baik. Penilaian pembelajaran menggunakan tiga penilaian yaitu sikap, pengetahuan, dan ketrampilan melalui penilaian kinerja dengan menggunakan tes praktik, proyek dan penilaian portofolio Kata Kunci: Impelementasi Kurikulum, Mutu Peserta Didik DAFTAR PUSTAKA Buku I Kurikulum SDLB Khusus Maharani (Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, 2019-2020. Mulyasa. Enco. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Ester Lince Napitupulu. 2013. Ujung Tombak Kurikulum Guru yang Selalu Kesepian dalam A. Ferry T. Indratno (eds), Menyambut Kurikulum 2013. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara. Etta Mamang Sangadji. 2000. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi. Kemendikbud, Permendikbud RI No 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta:Kemendikbud, 2013. Moeleng, Lexy. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Efendi, Mohammad. 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara,. Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan,: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edusiana

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Library & Information Science

Description

Jurnal ini terbit 2 kali setahun menyajikan 5 artikel baik hasil penelitian maupun pemikiran yang terkait dengan bidang manajemen dan pendidikan Islam. Para penulis akan menempuh tahapan seleksi dari redaktur dan ...