STEAM Engineering : Journal of Science, Technology, Education And Mechanical Engineering
Vol. 3 No. 1 (2021): STEAM Engineering, Vol. 3, No. 1, September 2021

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DIGITAL LIBRARY MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS PALANGKA RAYA

Made Suwardike (FKIP)
Debora (Unknown)
Wiyogo (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas aplikasi digital library sebagai sumber belajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Palangka Raya. Penelitian ini melibatkan 44 mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Palangka Raya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket atau kuesioner penilaian efektivitas penggunaan media pembelajaran digital library sebagai salah satu sumber belajar mahasiswa. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Pengukuran efektivitas penggunaan aplikasi digital library diukur berdasarkan enam variabel, yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, penggunaan, kepuasan penggunaan,dan manfaat bersih. Berdasarkan hasil analisis angket mahasiswa menunjukkan bahwa aplikasi digital library berada pada kategori efektif dengan skor rerata total variabel sebesar 3,896

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPTM

Publisher

Subject

Automotive Engineering Energy Industrial & Manufacturing Engineering Materials Science & Nanotechnology Mechanical Engineering

Description

STEAM Engineering receives articles in the scope of Science and Technology in Mechanical Engineering such as the results of research in the fields of Energy Conversion, Renewable Energy, Manufacturing, Metallurgy, Design, and Automotive; and Vocational Education includes research results on Theory ...