Journal of Physical and Outdoor Education
Vol. 3 No. 2 (2021): Journal of Physical and Outdoor Education

Perbandingan Pelampung Batang dan Pelampung Punggung terhadap Keterampilan Renang Gaya Bebas

Sony Hasmarita (STKIP PASUNDAN CIMAHI)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pengaruh pelampung batang terhadap keterampilan renang gaya bebas (2) Mengetahui pengaruh pelampung punggung terhadap keterampilan renang gaya bebas (3) Mengetahui manakah yang lebih berpengaruh antara pelampung batang dan pelampung punggung terhadap keterampilan renang gaya bebas di rizky swimming club. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode eksperimen dengan mencobakan sesuatu perlakuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya terhadap obyek yang dikenainya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa rizky swimming club yang berjumlah 95 orang siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah 25 orang dari siswa yang belum mahir renang gaya bebas dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling purposive. Dari hasil penghitungan terlihat bahwa perbedaan rata-rata antara pre test dan post test terjadi secara signifikan terhadap kelompok eksperimen (pengguna pelampung batang) 32.00 sedangkan rata-rata kelompok kontrol (pengguna pelampung punggung) 34.00 terhadap keterampilan renang gaya bebas. Hasil perhitungan t perbandingan perbedaan dua hasil pembelajaran 2,131 lebih kecil dari t Tabel 2,156. Dengan demikian kita bisa menolak hipotesis (Ho), maka dapat disimpulkan bahwa: Media pelampung punggung lebih memberikan Pengaruh Terhadap keterampilan renang gaya bebas dibandingkan Dengan Pelampung batang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpoe

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Physical and Outdoor Recreation, a print journal published by Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) STKIP Pasundan Cimahi, which was founded 2019. It publishes articles from high-quality research on Physical Education scope, including teaching-learning Physical ...