Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains
Vol 1 No 2 (2020): Agustus

PERBEDAAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN

Darmawan Harefa (Dosen Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam STKIP Nias Selatan)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen.Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Fanayama. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-A dengan jumlah siswa 22 orang dan kelas VII-B dengan jumlah siswa 24 orang. Instrumen yang digunakan adalah, tes hasil belajar yang terbagi atas dua yaitu tes awal dan tes akhir. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilaksanakan dan perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai thitung = 2,898 ttabel = 1,68, maka Ho ditolak dan Ha diterima dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dengan model pembelajaran Time Token maka hasil dari itu model pembelajaran Think Talk Write lebih diunggulkan karena model pembelajaran ini dapat mendorong siswa dalam menumbuh kembangkan kemampuan untuk memahami materi fisika yang diajarkan dan kemudian menuliskan inti-inti dari materi tersebut sehingga siswa dapat merumuskan pengetahuan yang didapat dalam bahasa nya sendiri dibanding dengan model pembelajaran Time Token

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPS

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Education Materials Science & Nanotechnology Physics

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains (JIPS) merupakan wadah publikasi ilmiah bagi dosen, guru, mahasiswa dan peneliti dalam bidang Sains dan di bidang pendidikan Kimia, Fisika dan Biologi. Semua manuskrip yang dikirimkan akan dikenakan proses review setelah dilakukan pemeriksaan menyeluruh oleh ...