Penelitian ini ditulis untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dalam memanfaatkan media sosial dalam pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan ekonomi semester empat di Universitas Indraprasta PGRI yang diambil secara purposive sampling. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif strategi penelitian etnografi digital dengan pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, dan pemberian tugas. Kondisi pandemi covid, mengharuskan pembelajaran dilakukan secara online. Di sisi lain, diperlukan ketersediaan perangkat pembelajaran online dan media sosial menjadi salah satu pilihan yang dapat digunakan sebagai media. Dalam penggunaan media sosial ini, mahasiswa dapat mengasah kemampuan berpikir kreatifnya yang meliputi kelancaran, kelenturan, orisinalitas, dan elaborasi melalui konten-konten pembelajaran yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan adanya keragaman media sosial yang dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam pembelajaran, pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran dapat menjadi stimulus bagi perkembangan kemampuan berpikir kreatif, dan tanggapan mahasiswa setelah tiga semester menjalani pembelajaran online selama masa pandemi covid. Dengan pembelajaran berbasis media sosial ini, mahasiswa mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan berbagai informasi dan pembelajaran yang menyenangkan menjadikan mahasiswa mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatifnya
Copyrights © 2021